Purwakarta Dilanda Kemarau Panjang, Warga Maracang Gelar Salat Istisqa

Kemarau panjang yang melanda Purwakarta membuat warga kesulitan melakukan aktivitas terutama dalam mencari air bersih.

Untuk meminta hujan, warga Desa Maracang, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta melaksanakan Salat Istisqa di areal pematang sawah, Jumat (19/10/18).

”Alhamdulillah hari ini kita lakukan Salat Istisqa bersama warga Maracang, para Ketua DKM, dan para ulama. Yang tujuanya kita memohon, kepada Allah SWT untuk segera diturunkan hujan,” ujar Kepala Desa Maracang, Kusnadi.

Ia menjelaskan, warga sudah mulai khawatir lantaran selama enam bulan kebelakang hingga saat ini, hujan belum mengguyur wilayah Desa Maracang dan sekitarnya. ”Sudah sekitar enam bulan desa kami belum diguyur hujan,” jelasnya.

Kusnadi berharap dengan diadakannya Salat Istisqa, hujan segera turun.

”Insya Allah mudah-mudahan atas izin dan kuasa Allah SWT, hujan segera membasahi bumi,” ungkapnya.

Asep (30), salah seorang warga mengaku, akhir-akhir ini sulit mendapatkan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia beserta warga lain biasa mendapat suplai air dari pemerintah Purwakarta.

”Alhamdulilah masih ada sumber air tetapi itupun harus ngantri. Ada juga bantuan dari pemerintah namun tidak lah cukup. Mudah-mudahan doa kami terkabul dan hujan segera turun di wilayah kami,” ujar Asep.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Salat Istisqa diikuti oleh ribuan warga Maracang yang terdiri dari orang dewasa, remaja hingga anak-anak.

source: pojokjabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *