Purwakarta Kurangnya Ribuan Guru

Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta mengatakan gelombang pensiun untuk guru masih berlangsung pada 2019 hingga 2020. Bahkan, tahun ini saja ada 118 guru pensiun. Dari ratusan guru, 77 di antaranya adalah guru umum. Dan sisanya adalah guru dari Instruksi Presiden.

Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto, mengatakan bahwa jumlah guru yang pensiun selama dua tahun terakhir, dari 2019 hingga 2020 mencapai 319. Ini adalah gelombang pensiun yang agak besar. Oleh karena itu, ini akan mempengaruhi jumlah guru yang mengajar di sekolah dasar dan sekolah dasar.

Untuk kekurangan guru, lanjutnya, angka-angka itu cukup mengesankan. Jangkau, 1.800 lebih. Untuk menutupi kekurangan ini, salah satu upayanya adalah mengandalkan kehadiran guru honorer. Karena, jika Anda mengandalkan rekrutmen CPNS, jumlahnya tidak akan cukup dalam waktu singkat.

Tahun ini saja, lanjut Purwanto, Disdik Purwakarta menerima guru CPNS, hanya 213 orang. Jadi, guru masih kekurangan sedikit. Dengan cara itu, sekolah masih bergantung pada guru honorer.

“Mau bagaimana lagi, mendapatkan CPNS tidak sesuai dengan kebutuhan guru,” kata Purwanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *